Manusia Purba Eropa - ABHISEVA.ID

Manusia Purba Eropa

Manusia Purba Eropa

Manusia Purba Eropa - Fosil manusia purba di dunia tidak hanya ditemukan di benua Afrika dan Asia saja, melainkan juga ditemukan di Benua Eropa. Sebagaimana diketahui, Benua Eropa juga merupakan kawasan yang kelak dikemudian hari melahirkan kebudayaan besar yakni peradaban Yunani dan Romawi Kuno yang hasil kebudayaannya dapat dilihat dan dinikmati hingga hari ini. Penelusuran tentang fosil manusia purba Eropa dimulai sejak pertengahan abad ke-19.


Penelusuran dan penggalian fosil manusia purba di Eropa pertama kali ditemukan di Lembah Neander, Jerman pada tahun 1856 dan diberi nama Homo Neanderthalensis. Di mana fosil manusia purba ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut;
1.    Tengkorak yang memanjang ke belakang.
2.    Tulang kening yang sangat menonjol.
3.    Dahi yang datarm muka lebar dan telah memiliki otak yang besar.

Persebaran jenis manusia Homo Neanderthalensis di wilayah Eropa, Asia Tengah, begitu juga Timur Tengah. Homo Neanderthalensis terakhir ditafsirkan hidup pada 35.000 tahun yang lalu di mana diperkirakan kemunculan mereka pertama kali sekitar 150.000 – 135.000 tahun yang lalu. Jadi, diperirakan spesies ini hanya bertahan sekitar 100.000 tahun. Sebagian ahli berpendapat bahwa kepunahan mereka disebabkan oleh adanya epidemic penyakit yang dapat terlihat dari jejak-jejak patologi pada sisa-sisa fosil Homo Neanderthalensis.


Selain Homo Neanderthalensis, juga ditemukan fosil Homo cro-magnon di dekat Lez Eyzies, Prancis pada tahun 1868. Homo cro-magnon merupakan salah satu cikal bakal manusia modern. Fosil manusia purba ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut;

1. Ciri-ciri fisiknya seperti manusia modern, yaitu tengkoraknya tinggi dengan atap dan belakang tengkorak yang bundar.
2. Memiliki volume otak berkisar 1400 cc.
3. Tonjolan tulang kening telah hilang, dahinya vertical, mukanya datar tanpa penonjolan pada bagian rahang.
4. Ukuran rahang dan gigi-giginya sebagai alat pengunyah telah menyusut, serta dagu tampak nyata.
5. Ukuran tubuhnya rata-rata sekitar 165 cm.

Jadi, terdapat dua jenis manusia purba yang ditemukan di benua Eropa, yakni Homo Neanderthalensis yang ditemukan di Lembah Neander, Jerman, dan Homo Cro-Magnon yang ditemukan di dekat Lez Eyzies Prancis.