Kesultanan Ghuri - ABHISEVA.ID

Kesultanan Ghuri

Kesultanan Ghuri

Kesultanan GhuriKesultanan Ghuri berpusat di Ghor (sekarang sebuah provinsi di Afghanistan ), yang membentang di area yang mencakup seluruh Afghanistan modern, ke bagian timur Iran dan sampai ke bagian utara India, Delhi. Muizzuddin Muhammad bin Sam atau yang lebih populer dengan nama Muhammad Ghuri menjadi penguasa Kesultanan Ghuri pada tahun 1173. Ia adalah seorang raja yang ambisius dan terbakar oleh kecintaan terhadap penakklukan dan kekuasaan. Muhammad Ghuri secara mutlak disebut sebagai pendiri kesultanan muslim di India.


kesultanan ghuri, ghuri dynasty, ghury sultanate


Muhammad Ghuri adalah seorang politisi besar dan negarawan yang berpandangan jauh ke depan. Ia merealisasikan secara penuh kondisi politik India yang bobrok dan karena itu memutuskan untuk mendirikan sebuah pemerintahan permanen di sana. Tujuan dari penaklukan Kesultanan Ghuri adalah untuk mendapatkan suatu kekuasaan muslim permanen di India. 


Selama pemerintahannya telah melatih banyak administrator ahli yang makin memperbesar keyakinan dan kepercayaan dirinya. Ia juga berperang melawan negara-negara Hindu secara terus-menerus selama beberapa tahun dan selama pemerintahannya ia menunjukkan kehebatan dan ketekunan yang luar biasa.


Prestasi yang dicapai oleh Kesultanan Ghuri adalah perluasan daerahnya yang cukup luas. Mulai dari Lahore, yang meliputi daerah Punjab, ke Delhi yang meliputi seluruh daerah lembah sungai Gangga dan daerah Dekan. Selama kesultanan Guri di Lahore kedudukannya hanyalah sebagai sebagai sebuah kesultanan Islam yang sama tarafnya dengan Kamaharajaan Brahmana saja. Namun dengan berpindahnya kesultanan di Delhi, Kesultanan Ghuri menjadikan Maharaja diraja seluruh India.