Hariang Banga Penerus Takhta Kerajaan Sunda Sepeninggal Tamperan Barmawijaya - ABHISEVA.ID

Hariang Banga Penerus Takhta Kerajaan Sunda Sepeninggal Tamperan Barmawijaya

Hariang Banga Penerus Takhta Kerajaan Sunda Sepeninggal Tamperan Barmawijaya


Hariang Banga – Hariang Banga/Rakeyan Banga adalah raja Kerajaan Sunda yang keempat. Hariang Banga menggantikan ayahnya, Tamperan Barmawijaya sebagai raja di Kerajaan Sunda pada tahun 732 M setelah peristiwa terbunuhnya Tamperan Barmawijaya dalam pengejaran pasukan Kerajaan Galuh yang dipimpin oleh Manarah. Kematian Tamperan Barmawijaya menyebabkan Kerajaan Galuh dan Kerajaan Mataram akhirnya bertempur di perbatasan antara dua kerajaan (Kerajaan Galuh dan Kerajaan Mataram).

Pertempuran antara Manarah dari Kerajaan Galuh dan Sanjaya dari Kerajaan Mataram diakhiri setelah kedatangan Resiguru Demunawan (sesepuh Kerajaan Galuh) yang berkuasa di Kerajaan Saung Galah. Untuk mengakhiri pertikaian antara keduanya, lahirlah Perjanjian Galuh tahun 739 M. Berdasarkan Perjanjian Galuh itu, Hariang Banga diangkat sebagai raja dari Kerajaan Sunda.

Hariang Banga resmi menjadi raja Kerajaan Sunda  pada tahun 739 – 766 M. Hariang Banga bergelar Prabu Kretabuana Yasawiguna Aji Mulya. Meskipun telah dikeluarkan Perjanjian Galuh 739 M untuk menyelesaikan persengketaan, namun ketegangan antara Banga dan Manarah tetap terjadi. 

Resiguru Demunawan dari Kerajaan Saung Galah kemudian menjodohkan kedua cicitnya kepada kedua raja itu. Di mana Hariang Banga dan Manarah menikahi cicit dari Resiguru Demunawan. Hariang Banga menikahi Kencana Sari sedangkan Manarah menikahi Kencana Wangi. 

Dari hasil pernikahan Hariang Banga dengan Kencana Sari melahirkan seorang anak yang bernama Rakeyan Medang (Rakryan Medang). Disebut Rakeyan Medang karena ia pernah berguru selama delapan tahun di Kerajaan Medang (Mataram) yang pada saat itu dipimpin oleh Rakryan Panangkaran. Setelah berguru di Medang, pada tahun  773 M, Rakeyan Medang kembali ke Kerajaan Sunda dan diangkat sebagai menteri di Kerajaan Sunda.

Pada tahun 776 M Hariang Banga wafat dan digantikan oleh Rakeyan Medang sebagai raja dari Kerajaan Sunda.