Rakeyan Jayagiri Prabu Menakluhur - ABHISEVA.ID

Rakeyan Jayagiri Prabu Menakluhur

Rakeyan Jayagiri Prabu Menakluhur 


Prabu Menakluhur – Prabu Menakluhur adalah putera dari Prabu Langlangbumi yang naik takhta sebagai raja Kerajaan Sunda pada tahun 1155 M. Prabu Menakluhur sebelum menggantikan Prabu Langlangbumi, Prabu Menakluhur yang bernama asli Rakeyan Jayagiri pernah menjabat sebagai Putera Mahkota Kerajaan Sunda (Yuwaraja), Panglima Angkatan Laut dan Mangkubumi. Setelah menjadi Raja Sunda bergelar Prabu Menak Luhur. 


Prabu Menakluhur memiliki seorang istri yang bernama Ratna Satya. Dari pernikahannya dengan Ratna Satya, Prabu Menakluhur dikaruniai seorang puteri yang bernama Ratna Wisesa. Ratna Wisesa kemudian menikah dengan Prabu Darmakusuma putera dari Penguasa Galuh Raja Galunggung Batara Danghyang Guru Darmawiyasa.


Pada tahun 1157 M, Prabu Menakluhur meninggal dunia. Kedudukannya sebagai raja Kerajaan Sunda untuk sementara waktu dipegang oleh Mangkubumi Cakranagara. Namun, tidak berselang lama, di tahun yang sama, Mangkubumi Cakranagara pun meninggal, sehingga takhta Kerajaan Sunda dipercayakan kepada menantunya, yaitu Prabu Darmakusuma.