Kebudayaan Hongshan
Budaya Hongshan adalah budaya Neolitikum di lembah sungai Liao Barat di timur laut Cina. Situs Hongshan telah ditemukan di daerah yang membentang dari Mongolia Dalam hingga Liaoning, dan diperkirakan berasal dari sekitar 4700 hingga 2900 SM.
Budaya ini dinamai menurut Hongshanhou, sebuah situs di Distrik Hongshan, Chifeng. Situs Hongshanhou ditemukan oleh arkeolog Jepang Torii Ryūzō pada tahun 1908 dan digali secara ekstensif pada tahun 1935 oleh Kōsaku Hamada dan Mizuno Seiichi.
Konteks Historis
Di timur laut Cina, budaya Hongshan didahului oleh budaya Xinglongwa (6200–5400 SM), budaya Xinle (5300–4800 SM), dan budaya Zhaobaogou, yang mungkin sezaman dengan Xinle dan sedikit lebih baru. Budaya Yangshao di Sungai Kuning ada sezaman dengan budaya Hongshan. Kedua budaya ini berinteraksi satu sama lain.
![]() |
| Tembikar dengan gambar pola, adalah salah satu ciri khas Kebudayaan Hongshan |
Budaya Hongshan digantikan oleh budaya Xiajiadian Bawah (2200–1600 SM), yang digantikan oleh budaya Xiajiadian Atas yang berbeda (1000-600 SM) dengan pergeseran dari pertanian ke nomadisme pastoral, kemungkinan karena perubahan iklim. Pada periode sejarah, lembah Liao Barat sebagian besar dihuni oleh kaum nomaden.
Genetika Dan Identitas Linguistik
Sebuah studi genetik oleh Yinqiu Cui et al. dari tahun 2013 menganalisis haplogroup DNA kromosom-Y berdasarkan subklad N; ia menemukan bahwa sampel DNA dari 63% sampel gabungan dari berbagai situs arkeologi Hongshan termasuk dalam subklad N1 (xN1a, N1c) dari haplogroup paternal N-M231 dan menghitung N sebagai haplogroup yang dominan di wilayah tersebut pada periode Neolitikum sebesar 89%, dengan bagiannya secara bertahap menurun seiring waktu. Saat ini, haplogroup ini ditemukan di Han utara, Mongol, Manchu, Oroqen, Xibe dan Hezhe dengan frekuensi rendah. Haplogroup paternal lainnya yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah C dan O3a (O3a3), yang keduanya mendominasi di antara penduduk wilayah tersebut saat ini.Nelson et al. 2020 mencoba menghubungkan budaya Hongshan dengan konteks linguistik "Transeurasia" (Altaik).
Menurut sebuah studi tentang pengukuran jarak genetik dari studi genetik skala besar dari tahun 2021 berjudul 'Wawasan genomik tentang pembentukan populasi manusia di Asia Timur', pemburu-pengumpul Mongolia dan Lembah Sungai Amur memiliki nenek moyang yang sama dengan penutur bahasa Mongol dan Tungusik, tetapi mereka tidak membawa nenek moyang petani Sungai Liao Barat, yang bertentangan dengan hipotesis Transeurasia yang diajukan oleh Martine Robbeets et al. bahwa ekspansi petani Sungai Liao Barat menyebarkan proto-bahasa ini.
Sebuah studi tahun 2020 menemukan perubahan genetik substansial di wilayah Sungai Liao Barat dari waktu ke waktu. Peningkatan ketergantungan pada pertanian millet antara Neolitikum Tengah hingga Akhir dikaitkan dengan afinitas genetik yang lebih tinggi ke lembah Sungai Kuning (umumnya terkait dengan penutur bahasa Sino-Tibet), sementara peralihan parsial ke pastoralisme dalam budaya Xiajiadian Atas Zaman Perunggu dikaitkan dengan penurunan afinitas genetik ini. Setelah Neolitikum Akhir, ada transisi tajam dari profil genetik terkait Sungai Kuning ke Sungai Amur (terkait dengan penutur bahasa Tungusik) di sekitar Sungai Liao Barat. Peningkatan afinitas Sungai Amur ini sesuai dengan transisi ke ekonomi pastoral selama Zaman Perunggu.
Sebuah studi tahun 2021 menemukan bahwa petani millet Sungai Kuning dari provinsi Henan dan Shandong modern telah memainkan peran penting dalam pembentukan orang Hongshan atau keturunan mereka melalui rute migrasi ke utara baik pedalaman maupun pesisir.
Sebuah studi tahun 2025 menemukan bahwa populasi Hongshan mewarisi kontribusi genetik dari tiga sumber utama: Orang Asia Timur Laut Kuno (ANA), petani Sungai Kuning Neolitikum (NYR), dan pemburu-pengumpul Shandong (Shandong_HG). Nenek moyang terkait ANA kemungkinan berasal dari budaya Zhaobaogou lokal sebelumnya, sementara nenek moyang terkait NYR dikaitkan dengan budaya Yangshao dan mungkin telah diperkenalkan secara tidak langsung oleh petani Neolitikum Tengah dari budaya Dawenkou yang bermigrasi ke utara dari Shandong. Para petani terkait Dawenkou ini membawa sekitar 40% nenek moyang dari garis keturunan pemburu-pengumpul Shandong Neolitikum awal dan sekitar 60% dari garis keturunan terkait Yangshao.
Aktivitas Pertanian
![]() |
| Bejana tembikar |
Mirip dengan budaya Yangshao, budaya Hongshan membudidayakan millet. Analisis isotop mengungkapkan bahwa millet menyumbang hingga 70% dari makanan manusia di Hongshan Awal dan hingga 80% di Hongshan Akhir.
Peninggalan Artefak
Budaya Hongshan dikenal karena ukiran jadenya. Artefak pemakaman Hongshan mencakup beberapa contoh pengerjaan jade paling awal yang diketahui. Budaya Hongshan dikenal karena naga babi jade dan naga embrio. Patung-patung tanah liat, termasuk patung wanita hamil, juga ditemukan di seluruh situs Hongshan. Cincin tembaga kecil juga digali.
Sistem Kepercayaan
Situs arkeologi di Niuheliang adalah kompleks ritual unik yang terkait dengan budaya Hongshan. Para penggali telah menemukan kompleks kuil bawah tanah—yang termasuk altar—dan juga gundukan batu di Niuheliang. Kuil itu dibangun dari platform batu, dengan dinding yang dicat. Arkeolog telah memberikan nama "Kuil Dewi" karena penemuan kepala wanita yang dibuat dari bahan tanah liat dengan mata bertatahkan jade. Penemuan itu terletak pada struktur bawah tanah, sedalam 1m. Termasuk di dindingnya adalah lukisan mural. Di dalam Kuil Dewi terdapat patung-patung tanah liat sebesar tiga kali ukuran manusia. Patung-patung yang sangat besar itu diidentifikasikan sebagai objek pemujaan (mungkin dewa).
![]() |
| Hiasan jade, salah satu ciri Kebudayaan Hongshan. |
Keberadaan jaringan perdagangan yang kompleks dan arsitektur monumental (seperti piramida dan Kuil Dewi) menunjukkan keberadaan "kepala suku" di komunitas prasejarah ini. Tembikar yang dicat juga ditemukan di dalam kuil. Lebih dari 60 makam terdekat telah digali, semuanya dibangun dari batu dan ditutupi oleh gundukan batu, sering kali termasuk artefak jade.
![]() |
| Neolithic jade dragon |
Gundukan batu ditemukan di atas dua bukit terdekat, dengan makam bertingkat bundar atau persegi, terbuat dari batu kapur yang ditumpuk. Di dalam makam terdapat patung naga dan kura-kura. Kemungkinan bahwa aktivitas pengorbanan yang berkaitan dengan sistem kepercayaan mungkin telah dilakukan dalam budaya Hongshan.
Feng shui
Sama seperti yang disarankan oleh bukti yang ditemukan di situs budaya Yangshao awal, situs budaya Hongshan juga memberikan bukti paling awal untuk feng shui. Kehadiran bentuk bundar dan persegi di pusat-pusat upacara budaya Hongshan menunjukkan kehadiran awal kosmografi gaitian ("langit bundar, bumi persegi"). Feng shui awal bergantung pada astronomi untuk menemukan korelasi antara manusia dan alam semesta.
Perkembangan Peradaban Tiongkok Awal
Wilayah budaya Hongshan dianggap sebagai gurun selama 1 juta tahun terakhir. Namun, sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa wilayah tersebut pernah memiliki sumber daya air yang kaya dan danau serta hutan yang melimpah sekitar 12.000 tahun yang lalu hingga 4.000 tahun yang lalu. Wilayah ini berubah menjadi gurun oleh perubahan iklim yang dimulai sekitar 4.200 tahun yang lalu. Oleh karena itu, beberapa orang dari budaya Hongshan mungkin telah beremigrasi ke selatan ke lembah Sungai Kuning sekitar 4.000 tahun yang lalu.
Bukti arkeologis yang ditemukan di situs Miaozigou di Ulanqab, Mongolia Dalam, cabang utara dari budaya Yangshao dari Sungai Kuning (budaya Yangshao berspekulasi sebagai asal mula bahasa Sino-Tibet) menunjukkan kesamaan dalam budaya material antara budaya Sungai Kuning dan Sungai Liao.Tiga individu dari situs Miaozigou termasuk dalam haplogroup N1(xN1a, N1c), sementara garis keturunan utama budaya lembah Sungai Kuning adalah O2-M122. Keberadaan N1(xN1a, N1c) di antara individu Miaozigou dapat berfungsi sebagai bukti migrasi beberapa orang Hongshan.
Beberapa arkeolog Tiongkok seperti Guo Dashun melihat budaya Hongshan sebagai tahap penting dari peradaban Tiongkok awal. Apa pun kecenderungan linguistik penduduk kuno, budaya Hongshan diyakini telah memberikan pengaruh pada perkembangan peradaban Tiongkok awal.
Budaya ini mungkin juga berkontribusi pada perkembangan permukiman di Korea kuno. Namun, budaya Hongshan juga umum digunakan dalam pseudosejarah Korea oleh beberapa sarjana Korea, yang berusaha untuk membantah hubungan apa pun antara budaya Hongshan dengan peradaban Tiongkok dan menegaskan bahwa budaya Hongshan hanya terkait dengan peradaban Korea.
Daftar Bacaan
- Nelson, Sarah. "Tracing population movements in ancient East Asia through the linguistics and archaeology of textile production". Cambridge University. Retrieved 7 April 2020.
- Wang, Chuan-Chao (2021). "Genomic insights into the formation of human populations in East Asia". Nature. 591 (7850): 413–419.
- Max Planck Institute for the Science of Human History (1 June 2020). "Ancient genomes link subsistence change and human migration in northern China". Science Daily. Retrieved 10 June 2022.
- Zhang, Menghan; Yan, Shi; Pan, Wuyun; Jin, Li (24 April 2019). "Phylogenetic evidence for Sino-Tibetan origin in northern China in the Late Neolithic". Nature. 569 (7754): 112–115.



